SMI-Keadilan

Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan

Deklarasi SMI-Keadilan di Rumah Integritas

Deklarasi Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI Keadilan).

Dibacakan pada hari Senin 14 Feb 2011 di Rumah Integritas.

I. Kita menyelenggarakan kehidupan bernegara, karena kita menghendaki keadilan. Kita mempertahankan Hak Asasi Manusia, karena setiap orang berhak atas keadilan. Kita menghormati perbedaan keyakinan, karena kita ingin berlaku adil pada keragaman pandangan hidup manusia. Kita memerangi kesenjangan sosial, karena keadilan menghendaki kecukupan kebutuhan dasar rakyat. Pendeknya, martabat manusia dan harkat individu memerlukan BASIS KEADILAN. Karena itu, keadilan adalah alasan kita berpolitik. la adalah keutamaan kehidupan Republik.

II. Sesungguhnya kesosialan manusia memerlukan kebebasan individu. Karena hanya individu yang bebas yang mampu menghormati perbedaan manusia. Dan hanya individu yang menghormati perbedaan manusialah yang mampu menyelenggarakan politik kemajemukan.

Bagi kita, kebebasan individu itu bukanlah individualisme yang mementingkan kepentingan pribadi. Kepentingan pribadi akan mengeksploitasi demokrasi untuk keuntungan diri. Republik adalah urusan bersama. Di dalamnya bersekutu individu-individu bebas, yang percaya pada kemajemukan manusia, dan karena itu bekerja sama untuk memelihara kehidupan bersama. Kebebasan dan kesosialan itulah yang menghasilkan SOLIDARITAS KEADILAN.

III. Ide tentang manusia yang berkeadilan, bebas dan berpikiran terbuka, adalah ideal sebuah politik Republik. Ideal itulah yang harus kita dekatkan pada kehidupan politik sehari-hari, agar menjadi PRAKTEK KEBUDAYAAN DEMOKRASI.
Kita percaya bahwa ide yang bernilai akan tumbuh menjadi daya politik yang kuat untuk mewujudkan cita-cita Republik.

IV. Menyelenggarakan Indonesia membutuhkan keteguhan kepemimpinan. Keteguhan itu berwujud dalam sikap JUJUR, TEGAS dan MAMPU. Hanya pada mutu kepemimpinan itulah etika publik dapat diselenggarakan, keadilan dapat diwujudkan, dan kesetaraan dapat dirasakan segenap warga. Menyelenggarakan Indonesia berarti mempersiapkan pemimpin yang JUJUR, TEGAS dan MAMPU. Karena itu kita melangkah hari ini, memastikan arah, menuju cita-cita keadilan, mewujudkan Indonesia yang bermutu.

Maka dengan ini kami deklarasikan Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI-Keadilan).

Para Penggagas: A Rahman Tolleng, Benny Handoko, Lynda Ibrahim, Sondaryani Vagher, Arbi Sanit, Damianus Taufan, Monalisa Djafaara, Sony Tan, Adzanta Bilhaq, Dana Iswara, Robertus Robert, Susy Rizky, April Tiatco, Donny Ardyanto, Rocky Gerung, Wimar Witoelar, Bagus Takwin, Gadis Arivia, Sri Indahwati, Yoshi Erlina.

Jakarta, 14 Februari 2011.

Rumah Integritas: Jalan Latuharhary No 16 Menteng – Jakarta Pusat.

* Bagi Anda yang ingin bergabung ke dalam ormas SMI Keadilan, Anda dapat pula mengisi form online di website Srimulyani.net.

9 Responses to SMI-Keadilan

  1. kembaratani says:

    Jakarta, 14 Februari 2014. ??? Mbok dibenerin toh Mas/Mbak …🙂

  2. dono firman says:

    mohon diberi no telp salah satu penggagas smikeadilan ke d_firman@yahoo.com atau +61426283030.
    terima kasih.

  3. Dono says:

    Gak diangkat dan sms gak dibalas. Mohon beri telp yg sebenarnya karna menyangkut smi di australia

  4. Dono says:

    Sudah saya inbox

  5. MCamelia says:

    Kantor cabang SMI atau kontak person di wilayah Malang di mana ya? Mohon infonya.
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s