Partai SRI

Partai Serikat Rakyat Independen

Bendera Partai Serikat Rakyat Independen: Partai modern yang merakyat

PENGURUS PARTAI SERIKAT RAKYAT INDEPENDEN

Majelis Pertimbangan Partai:
1. Rahman Tolleng,
2. Fikri Jufri
3. Todung Mulya Lubis
4. Arbi Sanit
5. Kemala Atmojo
6. Rocky Gerung
7. Dana Iswara
8. Rosita S. Noor
9. Meyanne DK
10. Susy Rizky Wiyantini
11. Yoshi Erlina
12. Damianus Taufan (ex officio).

B. Dewan Pimpinan Nasional
1. Ketua Umum: Damianus Taufan
2. Sekretaris Nasional : Yoshi Erlina
3. Bendahara : Susy Rizky Wiyantini
4. Ketua Bid Politik & Pendidikan: Rocky Gerung
5. Ketua Bidang Organisasi : Donny Ardyanto
6. Ketua Bid Urusan Hukum: Fajrimei A. Gofar
7. Ketua Bid Komunikasi Publik: Efika Rosemarie
8. Ketua Bid Pemenangan Pemilihan: Hendrik Boli Tobi
9. Ketua Bid Luar Negeri : Quintarina Uniaty

Website partai SRI: www.partaisri.or.id

Makna Lambang Partai Serikat Rakyat Independen

Partai Baru. Semangat Baru.

Partai Modern tapi Merakyat.

Partai Orang Biasa dengan Komitmen Luar Biasa.

Kami perkenalkan Partai Serikat Rakyat Independen (Partai SRI).

Logo partai berupa huruf kapital SR dengan gambar Sapu Lidi dan tulisan SERIKAT RAKYAT INDEPENDEN.

Sapu lidi mempunyai makna khusus bagi masyarakat Indonesia. Sapu lidi terdiri atas beberapa batang lidi. Setiap batang lidi berciri lurus dan tajam.

Lurus bisa diartikan sifat yang jujur. Orang disebut lurus kalau sikapnya mencerminkan satu kata dan perbuatan. Orang seperti ini disebut orang yang berintegritas. Orang jujur juga dikenal sebagai orang yang bersih. Bukan bersih sendiri tetapi bisa mempengaruhi bahkan memaksa orang lain untuk ikut bersih.

Tajam bisa diartikan cerdas. Lidi bisa dipakai menusuk daging untuk membuat sate. Ketajamannya bisa menembus daging yang tebal. Orang yang cerdas, dengan ketajaman berpikirnya, bisa menembus hambatan berpikir konvensional. Mereka terbiasa berpikir kreatif dan jauh ke depan.

Batang-batang lidi kalau diikat jadi satu akan menghasilkan sapu lidi.

Sapu lidi menggambarkan persatuan. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Dengan bersatu, kita bisa menghasilkan kekuatan yang lebih besar atau SINERGI. Sebatang lidi mudah dipatahkan tapi sapu lidi tidak. Lidi-lidi bisa bersatu karena ada pengikatnya. Tanpa pengikat yang kokoh, lidi-lidi akan berserakan, tercerai berai. Orang-orang biasa yang bergabung dalam Partai SRI menjadi kekuatan baru. Kekuatan ini dihasilkan oleh ikatan kepentingan yang sama dan oleh pengikat yang sama yaitu sosok SMI sebagai ikon bagi gerakan ini.

Sapu lidi juga menggambarkan kemandirian. Sapu lidi dengan ikatan yang kuat akan kokoh dan bisa berdiri tegak. Ini melambangkan kemandirian partai dari segala campur tangan kepentingan yang tidak sejalan dengan visi misi partai.

Sapu lidi menggambarkan kesederhanaan. Sapu lidi benda yang sederhana. Dikenal luas di masyarakat Indonesia, dari desa sampai kota, dari gubuk sampai rumah mewah. Tidak perlu sambungan listrik untuk bisa menggunakan sapu lidi.

Sapu lidi adalah alat untuk membersihkan yang kotor-kotor. Di beberapa daerah sapu lidi malah digunakan untuk mengusir setan. Bagi kita, sapu lidi akan digunakan untuk membersihkan politik kotor dan aksi para koruptor. Dengan sapu lidi gerakan bebersih dan berbenah akan dimulai. Kita harus bisa mewujudkan mimpin kita Indonesia Bersih.

Menggenggam sapu lidi berarti siap bekerja bersama pemimpin baru. Kita butuh pemimpin yang bisa memotivasi kita, yang bisa memimpin kita untuk ikut bekerja. Bukan membiarkan pemimpin yang mengerjakan semuanya sendirian. Pemimpin yang memberi inspirasi dan partisipasi publik menjadi kunci keberhasilan Partai SRI.

Sapu Lidi Kok Mengarah ke Atas?

Partai Serikat Rakyat Independen (Partai SRI) didaftarkan di Kementerian Hukum dan HAM pada Rabu 3 Agustus 2011. Sejak itu ada benda sederhana yang tiba-tiba menjadi topik pembicaraan. Benda itu adalah Sapu Lidi yang digunakan oleh Partai SRI sebagai logo partai. Banyak yang mengagumi logo tersebut baik secara terang-terangan mau pun secara diam-diam. Tapi ada juga yang mengritik. Mungkin karena iseng, tapi bisa juga serius ingin lebih memperkenalkan sapu lidi tersebut ke publik.

Makna logo sapu lidi pada Partai SRI sudah pernah dijelaskan. Catatan ini ingin menjawab pertanyaan beberapa orang, mengapa sapu lidi di logo Partai SRI kok mengarah ke atas? Kalau mau nyapu mestinya sapu lidinya menghadap ke bawah dong. Begitu kira-kira pertanyaan kritis dari beberapa orang.

Jawabannya sederhana. Sapu lidi yang digunakan sebagai logo Partai SRI adalah sapu lidi genggam, bukan sapu lidi yang bertangkai kayu.

Alasan kita memilih sapu lidi genggam adalah:

1) Sapu lidi bertangkai membutuhkan tangkai kayu yang berasal dari pohon. Tidak ramah lingkungan.

2) Sapu lidi bertangkai ukurannya lebih besar dan panjang. Karena itu tidak seluwes sapu lidi genggam.

3) Sapu lidi bertangkai biasa digunakan oleh nenek sihir seperti dalam cerita Juwita dan Si Sirik di majalah BOBO. Kita tidak mau ada kesan logo Partai SRI dekat dengan dunia sihir apalagi tokoh yang sirik.

Secara sadar kita memilih sapu lidi genggam dan menempatkannya dalam posisi mengarah ke atas.

Gambaran ini bisa memberi makna:

1) Sapu lidi genggam lebih luwes, bukan hanya bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang terdapat di lantai atau di halaman rumah tapi juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran di celah sempit dan di bagian atas sekali pun.

2) Sapu lidi genggam dipegang erat dalam posisi menghadap ke atas. Ini gambaran sikap orang yang percaya diri, siap bekerja dan siap diperintah. Bukan siap untuk mengritik, mencaci maki dan mengancam sambil membawa golok. Kalau sapu lidinya mengarah ke bawah seperti orang memegang golok, itu berarti yang menggenggam tidak siap bekerja. Terlalu santai.

3) Berbeda dengan sapu lidi bertangkai, sapu lidi genggam bisa dipegang hanya dengan satu tangan. Satu tangan lainnya bisa untuk memegang serokan (tempat menampung sampah). Ini menggambarkan bahwa dengan sapu lidi genggam kita akan menuntaskan masalah. Yang kotor harus tuntas dimasukkan ke tempat sampah. Koruptor harus tuntas dihukum. Dihukum badan dan dimiskinkan.

4) Menggenggam sapu lidi yang mengarah ke atas bisa juga berarti kita bersedia ikut serta dalam kerja bebersih dan berbenah. Walau pun sapu lidi alat yang sederhana tapi kita bangga bisa menggunakannya.

Kesimpulan

Mengapa sapu lidi pada logo SRI mengarah ke atas? Karena sapu lidi tersebut bukan jenis sapu lidi bertangkai yang lidinya mengarah ke bawah. Jenisnya berbeda, cara memegangnya pun beda.

Semoga catatan singkat ini bisa menjawab pertanyaan yang muncul di berbagai tempat. [Sony Tan]

One Response to Partai SRI

  1. Arman says:

    Mantab.. I like it… Terus maju SMI… Semoga membawa perubahan ke arah yang lebih baik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s