Partai SRI Yakin Menang 20 persen

Partai Serikat Rakyat Independen

Target Partai SRI adalah meraup suara dari kalangan swing votter yang jumlahnya mencapai 60% dari total populasi penduduk RI.

Anita Yossihara | Nasru Alam Aziz | Minggu, 7 Agustus 2011 | 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) yakin dapat memenangi Pemilihan Umum 2014 dengan memperoleh suara minimal 20 persen suara sah.

“Saya perkirakan bisa dapat 20 persen suara di Pemilu legislatif. Itu cara berpikir minimal,” kata Ketua Umum Partai SRI Damianus Taufan di Jakarta, Minggu (7/8/2011).

Menurut dia, figur mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sangat membantu perkembangan Partai SRI. Masyarakat di daerah antusias memberikan dukungan dan menyusun kepengurusan begitu melihat ada sosok Sri Mulyani yang diusung Partai SRI.

Partai SRI tidak memerlukan waktu lama untuk membentuk kepengurusan di daerah. Saat ini, Partai SRI sudah memiliki pengurus di 33 provinsi dan hampir seluruh kabupaten/kota.

Partai SRI tidak begitu merisaukan keraguan banyak kalangan, yang menyatakan Partai SRI tidak memiliki basis massa. Sebab menurut Damianus, kunci terpenting untuk memenangi Pemilu di negara yang menganut sistem presidensiil adalah sosok di balik parpol.

Ia mencontohkan fenomena Partai Demokrat yang juga diragukan kemampuannya pada saat dibentuk sebelum Pemilu 2004 lalu. Meski dikatakan tidak memiliki basis massa, ternyata Partai Demokrat bisa tumbuh dan berkembang menjadi pemenang Pemilu karena sosok Susilo Bambang Yudhoyono di balik partai tersebut.

(Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2011/08/07/13314415/Partai.SRI.Yakin.Menang.20.persen)

Partai SRI Bantah Didanai Pihak Asing

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Serikat Rakyat Independen (Partai SRI) Daminaus Taufan membantah partainya mendapatkan bantuan dana dari pihak asing untuk bertarung pada Pemilu 2014. Partai SRI pengusung mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati itu resmi mendaftarkan diri untuk memenuhi persyaratan verifikasi partai politik di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, Rabu (3/8/2011).

“Itu (dana pihak asing) tidak benar. Saya juga kaget ada informasi seperti itu. Fokus kita kini masih dalam persyaratan saja,” ujar Taufan seusai mendaftarkan partainya.

Taufan mengungkapkan, dana yang dimiliki Partai SRI berasal dari berbagai kalangan yang simpatik dengan gerakan mendukung Sri Mulyani menjadi calon presiden pada Pemilu 2014. Bahkan, ia mengklaim, saat ini gerakan tersebut sudah memiliki kepengurusan di 33 provinsi se-Indonesia.

“Ini semua berasal dari dana swadaya, sederhana, dan apa adanya. Kami sudah mempunyai banyak sekali pendukung gerakan itu. Dari awal juga kami sudah katakan bahwa secara finansial membangun partai ini berat. Namun, kami akan terus berusaha,” ungkap Taufan.

Seperti diberitakan, Sri Mulyani Indrawati diusung Partai Serikat Rakyat Independen atau Partai SRI untuk menjadi calon presiden pada 2014. Namun, karena kedekatan antara Sri Mulyani dan Amerika Serikat, banyak pihak beranggapan bahwa Partai SRI telah didanai oleh pihak asing.

Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Soerjadi dalam diskusi di kantor PPAD, Jakarta, Selasa (19/7/2011), mengakui, beberapa perwakilan negara asing pernah mendekati dirinya dan sejumlah purnawirawan TNI AD melalui diskusi tentang kondisi politik nasional. Dari percakapan itu, mereka menyatakan nama Sri Mulyani sebagai calon presiden pada Pemilu 2014.

“Mereka menyebut nama Sri Mulyani sebagai calon presiden. Lalu embel-embelnya, didampingi calon wakilnya dari TNI,” papar Soerjadi.

Adapun Sri Mulyani sejak Juni 2010 menetap di Amerika Serikat setelah didaulat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Wanita yang pernah dinobatkan menjadi Menteri Keuangan Terbaik Asia pada 2006 oleh Emerging Markets itu juga sempat terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes pada 2008.[kompas.com 3 agustus 2011]

(Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2011/08/03/16054662/Partai.SRI.Bantah.Didanai.Pihak.Asing)

This entry was posted in Partai Serikat Rakyat Independen. Bookmark the permalink.

3 Responses to Partai SRI Yakin Menang 20 persen

  1. Kemenangan SRI dalam Pemilu Legislatif 2014 mencakup dua variabel kondisional ini: [1] kondisi internal, [2] kondisi ekternal. Kondisi internal utamanya KEMAMPUAN organisasi memobilisir anggota dan pendukungnya; kondisi ekternal utamanya KECERENDUNGAN opini publik. Kombinasi kedua variabel itulah yang bakal menentukan hasil akhirnya … apakah 20%, 15% ataukah 8%, 2.5% … Semua projeksi itu dalam rentang kemungkinan yang terbuka. http://seeyouthere.com

  2. Ardiyoso says:

    Semoga peserta Pemilu 2014 tidak terlalu banyak, sehingga suaranya tidak banyak terbagi dan angka 20 % bisa kita raih. Sebab angka itu adalah prasyarat minimal partai2 pemenang (tanpa koalisi) bisa mengusung Sri MUlyani sebagai calon presiden. Tinggal bagaimana caranya 20 % bisa didapat, modal awal kita adalah figur kita yang layak jual. Lalu bagaimana dengan finansial kita ? Juga bagaimana jaringan kita ? Pisahkan antara pengurus partai SRI dengan pengurus SMIK dengan garis komando yang jelas. Jangan tumpang tindih (overlap) dan rangkap jabatan. Pertama, rangkap jabatan membuat partai dan ormas tidak berkembang sebab orangnya itu-itu juga. Persiapkan kader-kader partai untuk menduduki posisi di legislatif, kader itu digembleng di training untuk posisi sebagai duta partai di DPR dan DPRD nantinya. Sedang anggota dan pengurus SMIK tidak perlu berebut menjadi pengurus partai, tetapi secara profesional sebagai basic massa untuk mencari konstituen sebanyak-banyaknya. Untuk itu recrute tokoh-tokoh masyarakat yang punya basic massa jelas menjadi pengurus SMIK. Sehingga Ormas SMIK bisa menjadi grassroot partai SRI. Jatah bagi pengurus SMIK yang berhasil adalah posisi eksekutif dan Yudikatif bagi yang punya background hukum. Target-target bagi ketua SMIK di Kabupaten / Kota adalah Bupati dan Walikota, sedang target ketua SMIK Provinsi adalah Gubernur. Waktu 2.5 tahun rasanya cukup jika komitment ini mulai dijalankan. Dan obsesi ini bisa terwujud diperlukan jiwa yang besar, displin dan kerja keras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s