Sony Tan: Sri Mulyani Indrawati sebagai Calon Presiden

SMI Keadilan

Sony Tan dalam Deklarasi Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan di Banten.

Salam Perspektif Baru,

Kita semua mengetahui nama Sri Mulyani Indrawati, baik karena prestasinya sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia, Board of Directors di International Monetary Fund (IMF), dan sekarang Managing Director di Bank Dunia. Dia telah mendapat banyak penghargaan internasional. Tapi lebih dari itu, dia menciptakan reformasi dalam birokrasi di Kementerian Keuangan seperti dalam pajak dan bea cukai, yang sampai saat ini memberikan semangat untuk suatu penciptaan etika publik di Indonesia. Selain itu, juga tidak terlepas daripada penderitaan dia karena mendapat perlakuan yang tidak semestinya dari pemain politik. Kita fokus pada hal positif sekarang karena Sri Mulyani Indrawati bukan lagi menjadi simbol etis, tetapi sudah menjadi simbol politis. Untuk itu kami mengadakan wawancara dengan Sony Tan, salah satu dari banyak aktivis yang mendukung Gerakan Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI Keadilan). Dia bukan seorang berlatar belakang politik tetapi bisnis praktis.

Soni Tan mengatakan semua kegiatan SMI Keadilan terinspirasi dari seorang yang bernama Sri Mulyani Indrawati. Sifat Sri Mulyani Indrawati yang jujur, cerdas, tegas dan mampu telah menginspirasi gerakan ini. Sosok tersebut menjadi sosok ideal yang kita perjuangkan. Bukan hanya sebagai sosok ideal, tetapi akan menjadi sosok yang mampu menjadi pemimpin bangsa kita.

Bagi kita, seorang Sri Mulyani Indrawati telah memberi inspirasi dan motivasi yang luar biasa sehingga akhirnya kita melihat bahwa bukan hanya seorang pemimpin yang harus menyelesaikan semua masalah tetapi kita yang harus turut menyelesaikan masalah bersama-sama. Inspirasi ini jauh lebih penting. Seorang pemimpin yang bisa memberikan inspirasi kepada orang banyak, jauh lebih penting daripada seorang pemimpin yang bisa menyelesaikan semua masalah dengan sendirinya. Kita percaya kalau Sri Mulyani Indrawati menjadi presiden atau pemimpin kita, maka ada banyak orang tergerak untuk memperbaiki nasib bangsa ini bersama-sama.

Berikut wawancara Wimar Witoelar dengan Sony Tan.

Dimana sekarang posisi kampanye rakyat untuk mewujudkan harapan-harapan yang tersimpul dalam Sri Mulyani Indrawati?

Sebenarnya tanpa kampanye pun rakyat sudah mulai mengerti apa yang mereka harus lakukan dan pilih ke depan. Gerakan Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI Keadilan) hanya satu kanal untuk menyatukan rakyat yang mencari alternatif baru. Kita bergerak di SMI Keadilan hanya untuk memberikan saluran dan pedoman yang lebih sistematis agar lebih bergerak dengan efisien.

Jadi itu sudah bukan lagi gerakan dari rumah melalui internet atau gerakan bertemu sesekali. Bagaimana suasana SMI Keadilan sekarang?

Saat ini sudah jauh lebih dari itu. Kita sudah mempunyai pertemuan rutin, mengadakan open house untuk datang ke Rumah Integritas (RI) yaitu kantor sekretariat SMI Keadilan. Jadi orang lebih merasa dekat, bertemu dan tatap muka dengan teman-teman yang satu visi.

Seberapa sering open house dilakukan dan kapan saja?

Kita sudah melakukan open house tiga kali. Kita mengadakan dua minggu sekali di Rumah Integritas, yaitu Jl. Latuharhari No.16 Jakarta Pusat. Di situ tempat teman-teman kita berkumpul.

Apakah saat open house semua orang bisa datang?

Pada dasarnya open house tersebut terbuka, tetapi saya yakin orang yang datang adalah pendukung Sri Mulyani Indrawati. Kalau orang yang tidak mendukung Sri Mulyani Indrawati datang, malah nanti akan merepotkan sendiri.

Bagaiman dengan kegiatan SMI Keadilan di luar kota Jakarta?

Awalnya, kita memfasilitasi teman-teman pendukung Sri Mulyani Indrawati yang ada di luar kota Jakarta melalui media facebook. Kita membuat group di tiap provinsi dan saat ini sudah punya di 33 provinsi. Setelah di dunia maya atau facebook, kini mereka turun di dunia nyata. Setelah bertatap muka lewat dunia maya, akhirnya mereka bertatap muka di dunia nyata, dari facebook ke face to face. Dari sana, mereka lebih sering bertemu dan akhirnya terbentuklah gerakan atau komunitas pendukung Sri Mulyani Indrawati yang lebih nyata. Mereka mengajak atau menggalang dukungan tambahan sehingga bergulir begitu cepat.

Sejauhmana komitmen SMI Keadilan pada Sri Mulyani Indrawati?

Semua kegiatan SMI Keadilan terinspirasi dari seorang yang bernama Sri Mulyani Indrawati. Sifat Sri Mulyani Indrawati yang jujur, cerdas, tegas dan mampu telah menginspirasi gerakan ini. Sosok tersebut menjadi sosok ideal yang kita perjuangkan. Bukan hanya sebagai sosok ideal, tetapi akan menjadi sosok yang mampu menjadi pemimpin bangsa kita.

Sekitar 1990-an tidak ada yang terbayang bahwa Sri Mulyani Indrawati suatu saat bisa menjadi kandidat presiden apalagi di zaman Soeharto. Apa yang membuat Anda dan kita mempunyai keyakinan bahwa sekarang Sri Mulyani indrawati sudah bisa ditawarkan pada masyarakat sebagai calon presiden?

Pertama, kita melihat reputasi yang telah dikerjakan Sri Mulyani Indrawati selama menjadi menteri di Kabinet Indonesia Bersatu. Pada 2008 kita semua mengetahui bahwa dunia krisis dan seorang Sri Mulyani Indrawati begitu siap dengan program-programnya dalam mengantisipasi krisis. Akhirnya Indonesia terbebas dari krisis. Banyak orang menyangkal bahwa sebenarnya bukan karena sesuatu yang istimewa dari Sri Mulyani Indrawati. Namun kalau kita mau jujur sebenarnya itu fakta bahwa Indonesia selamat dari krisis. Kedua, kalaupun kita tidak mengakui bahwa Sri Mulyani Indrawati adalah sosok yang mampu dan mempunyai integritas, setidaknya penghargaan tingkat dunia seperti Menteri Keuangan Terbaik di dunia dan lain-lain lebih objektif kalau kita mau jujur.

Pertanyaan yang paling berat dan penting untuk orang yang mau mempertimbangkan Sri Mulyani Indrawati menjadi presiden adalah bukankah dia punya dua wajah. Satu, dia sebagai reformis, orang cerdas dan jujur. Satu lagi, dia secara implisit dinyatakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai orang yang salah dalam kasus Bank Century?

Sekali lagi kalau kita mau jujur, kita harus melihat kasus Bank Century dengan objektif. Tuduhan pertama di kasus Bank Century adalah ada dana yang dipergunakan lewat dana talangan (bailout) oleh partai tertentu atau partai besar. Ternyata tuduhan itu tidak terbukti setelah dibongkar habis. Tuduhan berikutnya adalah mungkin Sri Mulyani Indrawati tidak mempunyai pendukung secara politis, sehingga dia yang disalahkan sekaligus mungkin perlu disingkirkan demi kepentingan-kepentingan tertentu. Namun rakyat tidak bodoh, rakyat mengerti semua itu. Saya mengibaratkannya seperti seorang Ibu Rukun Tetangga (RT) yang melihat ada rumah warganya yang kebakaran. Dia tidak bisa memikirkan apakah warganya orang baik atau tidak, tapi yang pertama harus dilakukan adalah memadamkan api di rumah itu agar tidak menjalar ke rumah-rumah yang lain. Bahwa kemudian yang punya rumah ternyata maling, itu urusan lain dan biarkan polisi yang mengusut maling itu. Jangan Ibu RT yang disalahkan, apalagi setelah padam atau semua selamat malah Ibu RT disebut membela maling. Tidak bisa seperti itu. Sekali lagi kalau kita mau jujur dan melihat dengan jernih, kasus Bank Century penuh dengan muatan politis. Orang menanyakan bagaimana dengan sisi hukumnya? Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyatakan tidak bersalah. Kecuali kita lebih percaya orang lain atau badan lain daripada KPK, silakan saja. Tapi kami tetap percaya bahwa KPK masih bisa kita andalkan.

Jadi yang menyatakan Sri Mulyani Indrawati salah adalah bukan lembaga hukum dan bukan lembaga teknis juga. Bagaimana sikap perbankan Indonesia?

Perbankan sangat mendukung kebijakan bailout Bank Century karena saat itu saya dan teman-teman yang ada di dunia bisnis mengetahui persis bahwa kebijakan itu tepat dan tidak menguntungkan siapa-siapa kecuali menguntungkan ekonomi negeri ini.

Diantara orang yang sudah yakin bahwa Sri Mulyani Indrawati melakukan pekerjaan dengan baik dan menyebarkan etika baik, apakah ada keraguan bahwa orang sebaik itu bisa menjadi pemimpin formal dalam sistem politik Indonesia. Apa yang membuat kawan-kawan yakin bahwa gerakan etis ini bisa menjadi gerakan politik yang berhasil?

Banyak orang yang meragukan kemampuan Sri Mulyani Indrawati di bidang politik. Saya yakin pidato Sri Mulyani Indrawati saat di kuliah umum dulu menunjukkan dia mengerti sekali tentang politik. Hanya saja dia tidak mau ikut bermain dalam pusaran politik yang kemarin terjadi. Bahwa dia menjadi korban politik, yah apa boleh buat. Namun bagi kita, seorang Sri Mulyani Indrawati telah memberi inspirasi dan motivasi yang luar biasa sehingga akhirnya kita melihat bahwa bukan hanya seorang pemimpin yang harus menyelesaikan semua masalah tetapi kita yang harus turut menyelesaikan masalah bersama-sama. Inspirasi ini jauh lebih penting. Seorang pemimpin yang bisa memberikan inspirasi kepada orang banyak, jauh lebih penting daripada seorang pemimpin yang bisa menyelesaikan semua masalah dengan sendirinya. Kita percaya kalau Sri Mulyani Indrawati menjadi presiden atau pemimpin kita, maka ada banyak orang tergerak untuk memperbaiki nasib bangsa ini bersama-sama.

Katakanlah kalau kita sudah setuju semuanya itu, sebab tidak setuju juga hak setiap orang, lalu bagaimana teknisnya? Bukankah calon presiden lahir dari partai dan Sri Mulyani Indrawati secara sengaja tidak ikut partai dan pendukungnya banyak sekali yang alergi pada partai. Apakah mungkin presiden bisa lahir tanpa mempertimbangkan faktor dukungan partai? Bagaimana approach teman-teman pada topik partai ini?

Ketika kita memutuskan bahwa kita memerlukan Sri Mulyani Indrawati menjadi presiden, jadi bukan Sri Mulyani Indrawati yang butuh jadi presiden tapi kita yang butuh supaya Sri Mulyani Indrawati menjadi presiden, kita sadar tidak ada pilihan lain kecuali harus melalui kendaraan yang namanya partai politik. Karena itu kita sepakat bahwa dengan pendukung yang begitu banyak maka kita bisa membuat partai politik. Isi partai politik tersebut adalah orang-orang biasa yang tergerak untuk mengubah nasib bangsa ini dengan berpolitik secara beretika. Kita memperkenalkan politik dengan beretika. Kita tidak peduli dengan cara berpolitik orang lain, kita hanya mau tahu bahwa kita mau berpolitik dengan cara-cara yang baik, cara-cara yang benar, jauh dari kepentingan pribadi untuk menyelesaikan masalah bangsa ini. Partai politik itu adalah sebuah keniscayaan, dan partai politik ini akan kita lahirkan.

Apa yang bisa dilakukan oleh pembaca Perspektif Baru, penonton tvTWO, penonton bioskop, pembaca blog, pembaca koran dan majalah saat mengetahui SMI Keadilan serius akan menjadi gerakan politik bahkan akan melahirkan partai. Apa yang bisa dilakukan oleh orang yang bersimpati tersebut?

Bagi teman-teman yang punya aktifitas di dunia maya, silakan bergabung dengan grup-grup SMI Keadilan yang ada di seluruh propinsi. Misalnya di grup Facebook, kita tinggal ketik SMI Keadilan Jakarta. Grup tersebut bisa ditemukan juga di provinsi-provinsi lainnya. Teman-teman yang tidak beraktifitas di dunia maya seperti Facebook, Twitter dan sebagainya bisa langsung berkomunikasi dengan koordinator kita yang ada di tiap provinsi. Otomatis kita juga akan mencarikan saluran akses seperti sms center, yang sarananya sedang kami siapkan. Namun sementara ini kita paling siap bergerak dari dunia maya dulu.

Anda adalah orang bisnis yang tentu punya kemampuan. Namun setahu saya, Anda bukan pengusaha kelas kakap. Lantas, siapa pengusaha kelas kakap yang ada di kelompok ini, atau dari mana kekuatan SMI keadilan dalam usaha kampanye publik?

Kita memang tidak menggantungkan pendanaan atau kegiatan kita dari satu atau dua orang kelas kakap atau apalah namanya. Justru yang mengagumkan adalah kekuatan orang banyak dari orang-orang biasa ini. Itu lebih dari cukup. Jadi sekarang kegiatan kita didanai atau digerakkan oleh teman-teman orang biasa. Selain menyumbangkan ide, pikiran dan waktu, mereka juga menyumbangkan dana. Berapapun jumlahnya kita terima dengan lapang dada.

Keterangan detail lebih lanjut bisa menghubungi atau mengirim email kepada www.perspektifbaru.com. Anda bisa juga menghubungi Sony Tan di twitter @sony_tan, atau saya di twitter @wimar, atau facebook SMI Keadilan. Kalau Anda ingin tahu, pengetahuan itu ada, kalau Anda ingin bergabung, juga ada keterangan cara bergabungnya. Jadi kami, SMI Keadilan, dan Sony Tan menyediakan informasi untuk Anda simak. Atas keputusan sendiri, Anda bisa mendukung, membantu maupun memberi masukan.

Sumber: Perspektifbaru.com Edisi 793 | 06 Jun 2011.

 

This entry was posted in Wacana Pencapresan SMI. Bookmark the permalink.

One Response to Sony Tan: Sri Mulyani Indrawati sebagai Calon Presiden

  1. bisot says:

    selamay berjuang. saya masih percaya bahwa KPK masih bisa diandalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s